Please ensure Javascript is enabled for purposes of Kementerian Pertanian RI
1
Chatbot
Selamat datang, silahkan tanyakan sesuatu

Dukung Program PAT, BBPP Binuang Kementan selenggarakan Identifikasi Kebutuhan Pelatihan di lokasi Food Estate Kabupaten Pulang Pisau

  • 07/08/2024 09:27:00
  • By : Administrator
  • 44
Dukung Program PAT, BBPP Binuang Kementan selenggarakan Identifikasi Kebutuhan Pelatihan di lokasi Food Estate Kabupaten Pulang Pisau

Oleh:

Tota Totor Naibaho, SP, MP. 

Widyaiswara BBPP Binuang

 

(Pulang Pisau/07 Agustus 2024). Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong program perluasan Areal Tanam (PAT) Padi melalui berbagai kegiatan seperti optimasi lahan rawa, pompanisasi dan penanaman padi gogo. 

 

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan menyampaikan, sudah seharusnya SDM pertanian memiliki kualitas yang mumpuni. 

 

"Empat kunci yang perlu dipegang teguh agar Sumber Daya Manusia (SDM) kita menjadi mumpuni. Di antaranya ialah bekerja yang terbaik, fokus, cepat dan berorientasi hasil," ujar Amran. 

 

Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan, pertanian mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia karena berfungsi sebagai penyedia pangan, pakan untuk ternak, dan bioenergi. 

 

"Dalam rangka menyediakan pangan masyarakat sebagai wujud ketahanan pangan dalam negeri, maka sektor pertanian diharapkan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang berkualitas di Indonesia," ujar Dedi. 

 

Untuk itulah, BPPSDMP Kementan melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) menyelenggarakan Identifikasi Kebutuhan Pelatihan, yang berpusat di Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau (07/08). 

 

Kepala BBPP Binuang, Wahida Annisa Yusuf saat kegiatan berlangsung mengungkapkan menteri Pertanian senantiasa berupaya meningkatkan kompetensi petani dan penyuluh. 

 

"Saya berharap, pelatihan yang akan kami diselenggarakan dapat bermanfaat bagi petani di Kabupaten Pulang Pisau tentukan untuk mendukung program Perluasan Areal Tanam (PAT) ungkapnya. 

 

 

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Harson mengatakan pihaknya terus mendukung suksesnya program food estate Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau.