Please ensure Javascript is enabled for purposes of Kementerian Pertanian RI
1
Chatbot
Selamat datang, silahkan tanyakan sesuatu

BPPSDMP Kementan Antarkan 29 Penyuluh Pertanian Kompeten di Level Supervisor dan Fasilitator

  • 06/07/2024 11:17:00
  • By : Administrator
  • 123
BPPSDMP Kementan Antarkan 29 Penyuluh Pertanian Kompeten  di Level Supervisor dan Fasilitator

BINUANG - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) harus terus ditingkatkan. 

 

 

Terlebih, Kementerian Pertanian (Kementan) kembali mencanangkan agar Indonesia bisa kembali swasembada pangan. 

 

 

Pernyataan serupa disampaikan Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi. 

 

 

“SDM adalah faktor pengungkit utama dalam pembangunan pertanian, termasuk juga dalam peningkatan produksi pertanian. Oleh karena itu, jika kita ingin memajukan pertanian, majukan dulu SDM-nya,” tutur Dedi. 

 

 

Untuk terus meningkatkan SDM, terutama Penyuluh Pertanian, BPPSDMP Kementan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang melaksanakan giat sertifikasi Kompetensi bagi Penyuluh Pertanian Level Supervisor dan Fasilitator. 

 

 

Perwakilan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian, Andy Susilo saat penutupan kegiatan sertifikasi di aula bangkinang mengatakan pihaknya telah menerima surat permohonan penugasan asesor kompetensi dari BBPP Binuang, (05/07/2024). 

 

 

“adapun rincian jumlah calon asesi dan skema sertifikasi berjumlah, 2 orang penyuluh pertanian level fasilitator, 27 orang penyuluh pertanian level supervisor” yang berlokasi di BBPP Binuang ini," ungkap Andy. 

 

 

Sementara itu, Koordinator Asesor, Teguh Wijono didalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada TUK BBPP Binuang, yang telah memberikan kesempatan kepada asesi dan sudah memfasilitasi kegiatan sertifikasi ini. 

 

 

"Dengan jumlah asesi 27 orang penyuluh pertanian level supervisor dan 2 penyuluh pertanian level fasilitator. Kami selaku koordinator Asesor memberikan rekomendasi 100% Kompeten, "Paparnya. 

 

 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BBPP Binuang, Wahida Annisa Yusuf mengaku bersyukur seluruh peserta telah dinyatakan kompeten. 

 

 

"Ini menjadi modal bagi peserta pelatihan yang mayoritas penyuluh, untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian," Ungkapnya. 

 

 

"Saya harap, sertifikasi kompetensi mampu menjadi modal untuk rekan-rekan untuk mengikuti seleksi ASN," Pungkas Wahida.