Please ensure Javascript is enabled for purposes of Kementerian Pertanian RI
1
Chatbot
Selamat datang, silahkan tanyakan sesuatu

Kementan Peringati Hari Kesaktian Pancasila dengan Semangat Membangun Pertanian

  • 01/10/2024 09:07:00
  • By : Administrator
  • 13
Kementan Peringati Hari Kesaktian Pancasila dengan Semangat Membangun Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar upacara yang diikuti oleh seluruh pejabat dan ASN di lingkungan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini berlangsung di halaman kantor BBPP Binuang pada Selasa (01/10/2024).

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, menyampaikan bahwa Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen berharga untuk merenungkan kembali nilai-nilai Pancasila dalam membangun sektor pertanian yang berkelanjutan.

“Pancasila adalah dasar kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sektor pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan kesejahteraan tersebut,” kata Mentan Amran.

Ia menegaskan bahwa pertanian merupakan sektor paling vital dalam kehidupan bangsa. Jika sektor ini terganggu, seluruh negara bisa ikut terdampak.

“Kami berterima kasih kepada semua insan pertanian yang terus bekerja keras di lapangan untuk menjaga ketahanan pangan nasional,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPPSDMP, Idha Widi Arsanti, mengingatkan pentingnya kolaborasi dan sinergi antar elemen pertanian dalam mencapai target swasembada pangan.

“Kita harus terus berkoordinasi dengan baik, karena hanya dengan kerjasama kita bisa mencapai swasembada pangan dan ketahanan pangan yang kuat,” ujar Santi.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, dengan tujuan memperkuat komitmen terhadap Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi pijakan dalam membangun bangsa, termasuk di sektor pertanian.

Kegiatan upacara dipimpin oleh Wahida Anisa Yusuf, Kepala BBPP Binuang, yang dalam sambutannya mengajak seluruh peserta upacara untuk menjadikan momentum ini sebagai pengingat akan pentingnya persatuan dan kerja keras.

“Hari Kesaktian Pancasila harus menjadi pengingat bagi kita untuk terus meningkatkan kinerja dan memperkuat persatuan di antara kita semua,” ujar Wahida.

Turut hadir dalam upacara tersebut adalah Kepala Bagian Umum BBPP Binuang, Soleh Wahyudi, serta para Ketua Kelompok Substansi, Ketua Tim Kerja, Kelompok Jabatan Fungsional, dan seluruh ASN serta THL di lingkungan BBPP Binuang.

Upacara yang berjalan dengan khidmat ini juga menjadi ajang untuk mempertegas pentingnya kinerja ASN dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas melalui pembangunan pertanian yang adil dan sejahtera.