loader

BPPSDMP Kementan Semarakkan ASN Culture Fest 2023 dengan Biotron

  • 12/12/0023 12:10:00
  • By : Administrator
  • 125
BPPSDMP Kementan Semarakkan ASN Culture Fest 2023 dengan Biotron

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, melalui Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Nursyamsi mengungkapkan pihaknya terus menggali inovasi, bagaimana agar produktivitas pertanian bisa terus ditingkatkan. 

 

Inovasi yang ditapilkan BBPP Binuang, Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis BPPSDMP Kementan, adalah Biotron (Biochart Three in One)

"Inovasi BPPSDMP Kementan salah satunya Biochar Three in One (Biotron), yang mana di dalamnya ada arang, pupuk hayati dan pupuk organik. Kombinasi ini secara signifikan mampu meningkatkan produktivitas tanah kita. Apabila produktivitas tanah bagus maka tanaman pasti akan tumbuh bagus," ungkap Dedi. 

 

Sekretaris BPPSDMP Kementan, Siti Munifah dalam kesempatan yang sama mengatakan SDM berpengaruh besar dalam mewujudkan peningkatan produktivitas pertanian. 

 

Pelaksana Koordinatif Harian Plh. Kepala BBPP Binuang, Joko Tri Harjanto menjelaskan perlunya dihadirkan Biotron sebagai solusi kelangkaan pupuk, dan sebagai pupuk organik yang ramah lingkungan, murah dan mudah di dapat.

 

BPPSDMP Kementan pun dipercaya untuk turut menyemarakkan dan mensukseskan acara ASN Culture Fest (Ajang Festival Budaya Kerja Aparatur Sipil Negara BerAkhlak) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). 

 

Kegiatan dilaksanakan di 4 titik Unit Pelaksana Teknis (UPT), yakni Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, Yogyakarta-Magelang, Malang, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Serta Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung. 

 

Dalam mensukseskan kegiatan berskala nasional ini, BBPP Binuang menghadirkan Inovasi Biotron sebagai solusi kelangkaan pupuk, yang dipresentasikan langsung di Rumah Produksi Biotron di Desa Sungai Riam, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut pada hari Selasa (12/12).