loader

BPPSDMP Kementan Edukasi Petani dan Penyuluh Demi Mendukung Peningkatan Produktivitas

  • 26/01/2024 07:43:00
  • By : Administrator
  • 58
BPPSDMP Kementan Edukasi Petani dan Penyuluh Demi Mendukung Peningkatan Produktivitas

(Tanah Bumbu, 26/01/2024) Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan selalu mengatakan bahwa program pembangunan pertanian memiliki tujuan utama yaitu menyediakan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia, meningkatkan kesejahteraan petani. 

 

 

Mentan Amran berharap pada musim tanam pertama ini sukses meningkatkan produktivitas dan produksi padi. Untuk mewujudkan semua itu diperlukan dukungan dan partsipasi aktif dari petani dan penyuluh. 

 

 

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian menyampaikan kiat bagi petani dan penyuluh pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian. 

 

 

"Peningkatan produktivitas pertanian dapat ditingkatkan melalui inovasi teknologi sarana dan prasarana sebanyak 25%, Peraturan Perundang-undangan 25% dan sumber daya manusia pertanian 50%. Termasuk didalamnya petani, penyuluh dan pemerhati pertanian, ujar Kabadan Dedi.

 

 

Kepala Pusat Pelatihan (Puslatan) BPPSDMP Kementerian Pertanian kepada Petani dan Penyuluh di Kabupaten Tanah Bumbu bahwasanya Pertanian tidak boleh berhenti, meskipun kondisi saat ini sedang tidak baik-baik saja. 

 

 

"Kendala pasti ada, tapi Jangan sampai itu menjadi penghalang untuk meningkatkan produktivitas pertanian," pesannya.

 

 

Atas dasar itulah, BBPP Binuang sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup BPPSDMP Kementan menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis bagi Petani dan Penyuluh Mendukung Peningkatan Produktivitas Padi dan Jagung. 

 

 

Giat dilaksanakan Pada hari Kamis - Jum'at 25 dan 26 Januari 2024, Dengan jumlah peserta sebanyak 360 orang petani, dan 40 orang penyuluh di Kabupaten Tanah Bumbu. 

 

 

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu yang diwakili oleh Sekertaris Dinas, Lamijan Mengatakan Luas lahan padi sawah kini lebih dari 16 ribu hektare,  yang sebelumnya hanya mencapai 15 ribu hektare. 

 

 

"Harapan kita, luasan lahan yang ada tetap terjaga, dan tetap berproduksi untuk mewujudkan ketahanan pangan," Harapnya 

 

Penulis: Tota Totor Naibaho, SP. MP.   (Widyaiswara Ahli Muda BBPP Binuang)