loader

BPPSDMP Kementan Bersama DPKP Kalsel Kawal Percepatan Tanam dan Pompanisasi Demi Meningkatkan Produktivitas Pertanian

  • 25/03/2024 09:01:00
  • By : Administrator
  • 32
BPPSDMP Kementan Bersama DPKP Kalsel Kawal Percepatan Tanam dan Pompanisasi Demi Meningkatkan Produktivitas Pertanian

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) akan memasifkan pompanisasi pada lahan tadah hujan di sejumlah wilayah di tanah air. Kebijakan tersebut dilakukan untuk menekan dampak dari El Nino sekaligus meningkatkan produktivitas sektor pertanian. 

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman. 

 

"Yang harus dicari adalah sungai yang tidak pernah kering. Ini boleh. Jadi yang tanam 1 kali cari dan yang tanam 2 kali cari sehingga bisa tanam 3 sampai 4 kali," kata Amran Sulaiman. 

 

Senada dengan yang disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, 

 

“Salah satu strategi peningkatan produksi pertanian adalah gerakan pompanisasi yakni penggunaan pompa air untuk mengoptimalkan irigasi dan pengairan lahan pertanian, sehingga menghasilkan panen dan produktivitas yang tinggi”sebut Dedi. 

 

Mendukung hal tersebut, BPPSDMP Kementan menggelar Rapat Terbatas Optimalisasi lahan guna mengawal percepatan tanam dan pompanisasi demi meningkatkan produktivitas pertanian. 

 

Turut mengikuti pada kegiatan ini, Kepala Pusat Penyuluhan (Kapusluh) BPPSDMP Kementan, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kalimantan Selatan, Serta Kepala UPT Lingkup Kementerian Pertanian di Kalimantan Selatan. 

 

Kepala BBPP Binuang, Wahida Annisa Yusuf pada kegiatan ini mengatakan pihaknya siap sepenuhnya mendukung percepatan tanam dan pompanisasi. 

 

 

(Amallia Rosya, Widyaiswara BBPP Binuang)