loader

BPPSDMP Kementan Bangun Ekosistem Kewirausahaan dan Penumbuhan P4S Bagi Petani Milenial

  • 26/11/2023 11:42:00
  • By : Administrator
  • 175
BPPSDMP Kementan Bangun Ekosistem Kewirausahaan dan Penumbuhan P4S Bagi Petani Milenial

(26/11/2023) Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengajak seluruh insan pertanian agar semangat meningkatkan produktivitas pangan. 

 

Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai upaya dengan melibatkan peran petani milenial.

 

Di sisi lain, Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) merupakan kelembagaan pelatihan pertanian yang dibangun, dimiliki, dan dikelola oleh petani, baik secara perorangan maupun kelompok. 

 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan, P4S merupakan pusat pembelajaran dari petani untuk petani, memegang peranan penting dalam pembangunan pertanian. Untuk mewujudkan kedaulatan diperlukan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. 

 

“Kunci keberhasilan utama dari pembangunan pertanian bukanlah bantuan sarana prasarana seperti pupuk, benih, maupun alsintan dan lain lain, akan tetapi yang terutama keberhasilan pembangunan pertanian adalah SDM-nya,” katanya. 

 

Sebagai bentuk nyata partisipasi aktif petani dalam proses pembangunan pertanian melalui peningkatan jiwa dan semangat kewirausahaan agribisnis, penyebaran informasi dan teknologi kepada petani dan masyarakat lainnya,Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) BPPSDMP Kementan pun menyelenggarakan kegiatan Membangun Ekosistem Kewirausahaan dan Penumbuhan P4S bagi Petani Milenial. 

 

Dalam rangka penumbuhan dan penguatan bagi Petani Milenial program Young Ambassador Agriculture Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

 

Giat dilaksanakan pada tanggal 22 hingga 25 November 2023, di Hotel Hilton Garden Ngurah Rai, Bali. 

 

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang turut berpartisipasi dengan mempersiapkan lokasi magang. 

 

Pelaksana Koordinatif Harian Kepala BBPP Binuang, Joko Tri Harjanto mengatakan pihaknya telah mempersiapkan P4S di Wilayah binaan. 

 

Antara lain P4S Patra Mandiri dan P4S Anugerah (Kabupaten Banjar), P4S Tuntung Pandang, P4S Usluhuddin dan P4S Alam Subur, (Kabupaten Tanah Laut), Serta P4S Sekar Rahayu Agro (Tanah Bumbu).

 

“Harapan kami ke depan, Sinergi pembinaan dengan penanggung jawab program YESS berjalan Baik,”Pungkasnya.