Lewat Pelatihan, Kementan Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan Petani Milenial Kalbar

PENGUATAN sumber daya manusia (SDM), sekaligus pengembangan sektor pertanian, terus dilakukan Kementerian Pertanian. Kali ini, Kementan menumbuhkan semangat kewirausahaan para petani milenial melalui pelatihan seperti yang digelar di Kalimantan Barat.

Menteri Pertanian (Mentan0 Syahrul Yasin Limpo mengatakan pertanian memiliki banyak sektor yang bisa digarap petani milenial. “Pertanian itu ibarat merpati putih yang tak pernah ingkar janji, sangat menjanjikan. Oleh karena itu, mari sama-sama kita bertani dan melakukan usaha di bidang pertanian,” kata Mentan. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, memperkuat hal tersebut.

“Semangat jadi kunci bagi para petani, termasuk petani milenial untuk terus produktif,” ucap Dedi dalam keterangannya, Minggu (3/10). Mewujudkan hal tersebut, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) perpanjangan tangan BPPSDMP Kementan, melaksanakan tugas Pelatihan Kewirausahaan Bagi Petani Milenial Wilayah Kalimantan Barat. Pelatihan ini dilaksanakan di Balai Pelatihan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, 27 hingga 29 September 2021 dan diikuti 30 petani milenial se-Kalbar. Kepala Balai Pelatihan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar, Wahyudi, saat pembukaan, menyampaikan tujuan kegiatan. “Kami terus berinovasi, dengan melengkapi sarana prasarana untuk menunjang kegiatan pelatihan,” ujarnya.

Kepala BBPP Binuang, Yulia Asni Kurniawati, mengutarakan hal serupa. “71% petani kita usianya di atas 40 tahun. Ini yang menjadi keprihatinan Kementerian Pertanian untuk segera melakukan regenerasi. Melalui pelatihan ini, kita bangkitkan semangat petani milenial di Kalimantan Barat,” tutur Yulia. (rRO/OL-09)