loader

Panen Padi Biotron di Pelaihari, Tanah Laut

  • 18/04/2024 08:41:00
  • By : Administrator
  • 75
Panen Padi Biotron di Pelaihari, Tanah Laut

PELAIHARI - (18/4/2024) Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, yang menekankan bahwa swasembada harus menjadi prioritas, dan upaya mencapainya tidak boleh memberatkan para petani. 

 

 

”Keterjangkauan dan dukungan terus-menerus kepada petani diharapkan dapat mempercepat pencapaian target nasional produksi beras terang Amran. 

 

 

Terpisah Kepala BPSDMP Kementan Ri menyampaikan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian padi dan jagung agar insan pertanian mengurangi pemanfaatan pupuk kimia. 

 

 

Banyak inovasi inovasi alternatif yang telah dihasilkan oleh para insan pertanian untuk peningkatan produktivitas Tanaman Padi jelas dedi 

 

 

Inovasi alternatif ini, bila dimanfaatkan dengan baik akan menjadi solusi pengganti pupuk mahal tambah dedi 

 

 

Kepala BBPP Binuang wahida Annisa Yusuf menyikapi arahan kepala BPPSDMP arahkan para Widyaiswara untuk memanfaatkan inovasi Biotron peraih Top Inovasi Pelayanan Publik Kategori Terpuji Tahun 2023 Tingkat Nsional, yaitu Inovasi Biotron. 

 

 

Inovasi biotron merupakan teknologi material yang merakit tiga jenis material yaitu Biochar (bio Arang), Nutrisi Organik, dan Bahan Hayati konsorsium yang bersinergis dan simbiosis dalam mikro agroekosistem sebagai penyusun makro agroekosistem lahan produksi pertanian. 

 

 

Hasil dari biotron sebagai salah inovasi alternatif Inovator inovasi alternatif salah satu widyaiswara BBPP Binuang bersama Penyuluh Pertanian Lapangan WKPP Desa Sungai Riam Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut melakukan panen padi seluas 1 Hektare dengan varietas impari 32.

 

 

“produktivitas padi yang dipanen kali ini yakni sebesar 6.600 KG dengan harga Rp.5.700 GKP," Ungkap Sujayadi, Penyuluh Pertanian Pelaihari, Tanah Laut. 

 

(Budiono, SP, MM/Widyaiswara Ahli Madya BBPP Binuang)