Pemanfaatan E-Learning Sebagai Alternatif Pengganti Pelatihan Konvensional Dalam Dunia Pertanian Dimasa Pandemi Covid -19

Septiana
Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang
Kementrian Pertanian

Kemajuan Teknologi Informasi telah membawa banyak dampak positif bagi kemajuan ilmu pengetahuan hampir disemua bidang, termasuk didalam nya bidang pelatihan (training). Bidang Pelatihan di Indonesia semakin mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan ini terlihat dari semakin beragamnya metode pelatihan yang digunakan. Metode yang digunakan banyak memanfaatkan berbagai media untuk menyampaikan tujuan dari pelatihan. Perkembangan berbagai media pelatihan ini berbanding lurus dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin pesat. Kondisi perkembangan teknologi saat ini mencapai akselerasi yang luar biasa. Dinamika teknologi dunia pelatihan saat ini telah dapat menggantikan metode pelatihan secara konvensional untuk beberapa bidang keilmuan.

Pemanfaatan teknologi telekomunikasi untuk menunjang kegiatan pelatihan semakin meningkat. Dalam hal ini yang dimaksud adalah pelatihan online (E-Trainning) tidak hanya dikota-kota besar tetapi secara bertahap sudah mulai dapat juga di nikmati atau diakses oleh berbagai kalangan peserta pelatihan yang memelukan materi  dari pelatihan tersebut selagi sudah terdapat fasilitas internet yang penggunaannya bisa melalui Handphone android, PC maupun Laptop. Demikian juga halnya dalam dunia pertanian, pelatihan online mulai gencar di adakan sejak munculnya pandemic Covid-19 yang secara langsung membatasi setiap gerak maupun keterlibatan orang (pengajar/widyaiswara dan peserta) dalam suatu kegiatan pelatihan tatap muka langsung.

Download PDF