Menuju Profesional, Daya Saing Dan Wirausaha, Siswa Dimagangkan Di BBPP Binuang

BINUANG, – Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau bisa juga disebut magang, tampaknya menjadi program jitu untuk mengasah skill siswa dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat selama mengikuti pelajaran di sekolah.

Alhasil, pasca magang siswa diharapkan memiliki keterampilan sekaligus kemandirian, khususnya setelah mereka lulus dari sekolah. Sejatinya pengalaman selama PKL bisa mereka jadikan modal dalam berkarya.

Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Adi Widiyanto SP MP, Selasa (10/3/2020) berharap setelah selesai melaksanakan magang, siswa SMK dapat mempelajari kebiasaan kerja (habbit of working) dan cara hidup (way of life) di dunia usaha dan dunia industri.

“Siswa juga belajar sambil bekerja (learning by doing) untuk memahami bagaimana bekerja secara profesional, sehingga mereka mampu bekerja secara profesional,” ungkap

Di BBPP Binuang sendiri terdapat beberapa siswa yang tengah menjalani program magang. Di sini mereka melakukan praktik, salah satunya tentang pembuatan instalasi hidroponik.

Adi mengatakan, saat ini mereka sedang melakukan praktik pembuatan instalasi hidroponik. Diharapkan siswa yang sudah selesai magang tidak lekas merasa puas.

“Mereka tetap harus terus belajar, sehingga dapat meningkatkan ilmu yang mereka dapat dan nantinya berhasil meraih cita-cita yang sudah diimpikan,” jelas Adi.[advertorial]