MENGENAL SPESIFIK LOKALITA BAWANG MERAH

Budiono
Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang
Kementrian Pertanian

Telah diketahui bahwa varietas bawang merah di Indonesia sangat beragam. Hal ini tentu sesuai beragamnya lingkungan biotik dan abiotik. Sumber daya biotik pada lingkungan basah akan berbeda dengan lingkungan kering. Bahkan berkat berlimpahnya sumber daya alam Indonesia suatu daerah pada saat tertentu akan beriklim basah/hujan pada waktu lain akan beriklim kering/kemarau. Pada satu lokasi saja. Padahal wilayah Indonesia sangat luas dengan dilalui garis katulistiwa akan memberikan peluang berbudidaya sepanjang masa.

Namun pada sisi lain kondisi ini akan memberikan peluang terjadinya ledakan serangan OPT (organisme pengganggu tanaman) dengan sebaran yang luas dan terjadi sepanjang musim. Tentu kondisi ini harus dihindari gays.. untuk mengendaliakn biaya tambahan sebagai akibat dari sistem budidaya yang tak ramah lingkungan.

Oleh karena itu prinsip –prinsip bertani cerdas iklim (Climate Smart Agriculture) harus diterapkan. Salah satunya menentukan jenis varietas bibit bawang merah yang spesifik lingkungan dengan low cost. Untuk itu gays…ayooo kita kenal beberapa varietas bawang merah dengan karaktersitiknya. Disarankan menanam varietas tertentu sesuai spesifik lokalita sebagai berikut:
Download PDF