BPPSDMP Kementan Uji Sertifikasi SDM Pertanian di Wilayah Food Estate

KEMENTERIAN Pertanian berupaya maksimal untuk meningkatkan kualitas SDM pertanian. Termasuk juga meningkatkan kompetensi dan pengembangan karir Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP).

Menurut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), pengembangan SDM harus dilakukan untuk mendukung pengembangan pertanian.

“Kualitas SDM pertanian selalu ditingkatkan, sebab pertanian saat ini harus terus berinovasi dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Salah satu parameternya tentu melalui sertifikasi. Untuk itu, momentum terbaik ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” tutur Mentan SYL.

Atas dasar itulah, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang menyelenggarakan Uji Sertifikasi.

Uji Sertifikasi berlangsung selama 3 hari ini, dilaksanakan pada tanggal 19 hingga 21 Agustus 2021.

Sertifikasi Kompetensi Produksi Benih Tanaman Padi dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) (BBPP) Binuang.

Peserta Uji Sertifikasi berasal dari Wilayah Food Estate Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Hulu Sungai Tengah, dan Kabupaten Tapin.

Kepala Bagian Umum sekaligus Ketua TUK BBPP Binuang, Purnadi SP MP dalam kesempatannya saat membuka kegiatan sertifikasi mengungkapkan, Uji Kompetensi merupakan suatu legal, pengakuan yang membuktikan bersangkutan sebagai penangkar benih.

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si dalam kesempatan terpisah menyampaikan, kita harus terus meningkatkan kualitas Pertanian kita dan SDM Pertanian merupakan kunci dari Produktifitas Pertanian.

“Saya berharap, semua peserta uji sertifikasi kompeten dan berhasil dalam kegiatan sertifikasi ini,” harap Yulia.

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) Kementerian Pertanian, Lely Nuryati saat membuka kegiatan uji sertifikasi mengatakan, tugas mulia kita di bidang pertanian, merupakan tugas kita bersama.

“Kami sangat bangga, kita memiliki SDM yang mumpuni dqn siap terjun di bidang pertanian,” tambah Lely.

“Kita harus terus mendorong kualitas pertanian agar Maju, Mandiri, dan Modern,” pungkasnya.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, mengatakan, Kementan memberikan perhatian besar kepada seluruh SDM Pertanian. Untuk itu, kegiatan sertifikasi diharapkan dijalani sebaik mungkin agar hasilnya positif.

“Sebab, sertifikasi juga menjadi bukti kompetensi dan kualitas SDM pertanian untuk menjawab tantangan ke depan,” jelas Dedi.