loader

Buka Peluang Baru Pertanian Berkelanjutan dan Adaptif, Kementan Latih Penyuluh Pertanian kabupaten Paser Smart Farming

  • 30/10/2023 11:24:00
  • By : Administrator
  • 178
Buka Peluang Baru Pertanian Berkelanjutan dan Adaptif, Kementan Latih Penyuluh Pertanian kabupaten Paser Smart Farming

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi dalam kesempatannya mengatakan dengan Smart Farming, Insan Pertanian dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

 

“Smart Farming mampu menekan ongkos produksi, mampu membuka peluang baru dalam pertanian berkelanjutan dan adaptif, memberikan solusi cerdas untuk memenuhi tuntutan pertanian masa depan,“ paparnya.

 

Dengan menerapkan Smart Farming, yang menggunakan teknologi digital dan informasi diharapkan mampu meningkatkan efisiensi produksi pertanian.

 

Untuk mendukung keberhasilan pengembangan pertanian yang modern dan berdaya saing global, Serta menyiapkan penyuluh yang kompeten dan berwawasan luas terhadap pertanian modern, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang sebagai Unit Pelaksana Teknis BPPSDMP Kementerian Pertanian (Kementan) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Smart Farming, Bersama Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Bimtek ini diselenggarakan pada tanggal 25 sampai dengan 28 Oktober 2023 yang diselenggarakan di BBPP Binuang, serta diikuti oleh 12 Penyuluh Pertanian lingkup Dinas TPH Kabupaten Paser.

 

Ahmad Husin, salah satu peserta Bimtek Smart Farming mengatakan dengan adanya pelatihan teknologi Smart Farming yang dilaksanakan BBPP Binuang sangat bermanfaat.

 

“Disamping untuk sebagai wadah silaturahmi, Bimtek ini juga ilmu wawasan tentang teknologi pertanian, Seperti penyiraman tanaman yang dikendalikan dengan HP Android, yang diajarkan oleh widyaiswara BBPP Binuang,” Pungkasnya.