Please ensure Javascript is enabled for purposes of Kementerian Pertanian RI

BPPSDMP Laksanakan Re-Akreditasi, Guna Tingkatkan Kualitas SDM Pertanian dan Akselerasi Sektor Pertanian

  • 02/06/2024 10:04:00
  • By : Administrator
  • 46
BPPSDMP Laksanakan Re-Akreditasi, Guna Tingkatkan Kualitas SDM Pertanian dan Akselerasi Sektor Pertanian

Oleh: 

Angga Bayu Saputra, S.ST, M.I.Kom

Widyaiswara Ahli Muda BBPP Binuang

 

 

 

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman berpesan tentang pentingnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian sebagai salah faktor kemajuan Pertanian Indonesia.

 

“Di Dalam sektor pertanian perlu diisi oleh SDM yang berkualitas,” papar Amran.

 

 

Senada dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa membangun SDM Pertanian yang handal merupakan amanah dari Presiden Republik Indonesia dalam upaya melakukan akselerasi pengembangan terutama di sektor pertanian. 

 

 

Untuk meningkatkan kualitas SDM Pertanian serta meningkatkan akselerasi sektor pertanian, BPPSDMP melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian Kementerian Pertanian melaksanakan Re-Akreditasi Pelatihan Budidaya Padi Lahan Rawa dan Pelatihan Teknis Kelapa Sawit.

 

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 hingga 31 Mei 2024 yang bertempat di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang. 

 

 

Kepala BBPP Binuang, Wahida Annisa Yusuf mengatakan pihaknya berharap BBPP Binuang kembali terakreditasi setelah beberapa waktu lalu sempat tidak terakreditasi. 

 

 

“Kami telah menyiapkan widyaiswara yang kompeten di bidangnya yang siap untuk melatih terkait Pelatihan Budidaya Padi Lahan Rawa dan Pelatihan Budidaya Kelapa Sawit,” Paparnya. 

 

 

Ketua Tim Asesor Re-Akreditasi Pelatihan Budidaya Padi Lahan Rawa dan Pelatihan Teknis Kelapa Sawit, Ahmad Dedy Syahtori mengungkapkan pihaknya memiliki beberapa item penilaian dalam proses Re-Akreditasi.

 

 

“Diantaranya Perencanaan Pelatihan, Pelaksanaan Pelatihan, Evaluasi Pelatihan,Hasil Penyelenggaraan Pelatihan, Pembiayaan Pelatihan, serta Sarana Pendukung Pelatihan,” ungkapnya. 

 

 

Sebelum mengakhiri rangkaian kegiatan Re-Akreditasi, dirinya pun menyampaikan bahwa BBPP Binuang Layak menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Padi Lahan Rawa dan Pelatihan Budidaya Kelapa Sawit dengan nilai yang memuaskan.