loader

DPKP Kalimantan Selatan bersama Widyaiswara Kementan latih Penyuluh Pertanian, Bangun Kembangkan Kelompok Ekonomi Petani Berbasis Korporasi

  • 02/11/2023 11:39:00
  • By : Administrator
  • 110
DPKP Kalimantan Selatan bersama Widyaiswara Kementan latih Penyuluh Pertanian, Bangun Kembangkan Kelompok Ekonomi Petani Berbasis Korporasi

Oleh:

Tota Totor Naibaho, SP, MP.

Widyaiswara Ahli Muda BBPP Binuang

 

(Banjarmasin, 01 November 2023) Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Nursyamsi dalam kesempatan terpisah mengapresiasi kinerja para Penyuluh Pertanian sebagai pendamping para petani. Ia berharap Penyuluh Pertanian dapat berperan sebagai panduan langsung bagi petani bekerja. 

 

 

"Jadilah penyuluh yang bermanfaat, sahabat para petani, karena pertanian menjadi sektor paling dan menunjung,"  imbuhnya. 

 

 

Semangat penyuluh pertanian juga diacungi jempol oleh Dedi. 

 

 

"Meskipun dengan segala keterbatasan, medannya yang naik turun, namun para penyuluh tetap bersemangat menjalankan tugasnya," paparnya 

 

 

Petani binaan seharusnya tidak lagi berfikir "tanam, petik lalu jual", harus dibentuk korporasi petani. Dukung dengan inovasi dan mekanisasi, agar menguasai pertanian dari hulu ke hilir sebagai bisnis bukan sekadar bertani. 

 

 

"Bukan lagi jamannya petani bekerja dan berusaha tani sendiri-sendiri. Harus berjamaah. Awali dari kelompok-kelompok tani untuk membentuk korporasi petani. Saham korporasi dari petani," tukasnya. 

 

 

Untuk membangun dan kembangkan korporasi petani, Diperlukan peran serta Penyuluh Pertanian.  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kalimantan Selatan pun menyelenggarakan Temu Teknis Penyuluh Pertanian Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023, pada tanggal 30 Oktober s.d 01 November 2023 Di Hotel HBI Banjarmasin. 

 

 

Untuk membangun dan kembangkan korporasi petani, Diperlukan peran serta Penyuluh Pertanian. Oleh karena itulah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kalimantan Selatan pun menyelenggarakan Temu Teknis Penyuluh Pertanian Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023, pada tanggal 30 Oktober s.d 01 November 2023 Di Hotel HBI Banjarmasin. 

 

 

Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang PPSDMP Kementerian Pertanian, Tota Totor Naibaho pun turut mengisi kegiatan ini dengan memberikan Penumbuhan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) berbasis Korporasi. 

 

 

"Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Petani bertujuan untuk meningkatkan skala ekonomi, " Paparnya 

 

 

Diharapkan, peran serta Penyuluh Pertanian dalam pembentukan hingga peningkatan produktivitas melalui Kelembagaan Ekonomi Petani. 

 

 

"Untuk menumbuhkan Kelembagaan Ekonomi Petani, perlu dilakukukan peningkatan  kapasitas  petani yang  berkualitas,  andal,  berkemampuan manajerial, kewirausahaan dan organisasi bisnis," pungkasnya. 

 

 

 

Telah dirilis di portal media: https://www.rri.co.id/banjarmasin/daerah/427259/kini-saatnya-petani-bentuk-korporasi-berbasis-ekonomi