Workshop BMP Program YESS, SMK PP Banjarbaru Gandeng BBPP Binuang

SMK PP Negeri Banjarbaru, sebagai Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak dalam pelaksanaan Program Youth Enterpreneurship and Emplopyement Support Services (YESS).

Program yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) yang bekerjasama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) melalui Angga Tri Aditya Permana selaku Project Manager (PM) PPIU Kalimantan Selatan. 

SMK PP Banjarbaru Bekerjasama dengan BBPP Binuang  melaksanakan Workshop   Bussines Motivation Pathway (BMP) digelar untuk wilayah Kabupaten Banjar. 

Kegiatan BMP ini dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang direncanakan 7 angkatan, dan yang sudah  dilaksanakan  3 angkatan  dari 9 kecamatan yang dilaksanakan tanggal 25 sampai 27 Juli 2022.

Peserta BMP merupakan petani milenial  dari Kecamatan Cinta Puri Darussalam, Pengaron, Simpang Empat, Astambul, Sambung Makmur, Sungai Pinang, Aranio, Telaga Bauntung  dan Martapura Barat.

Dijelaskan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) menuturkan, saat ini generasi milenial adalah penentu kemajuan pembangunan pertanian di masa depan.  Meyakini, tongkat estafet pembangunan pertanian ada pada pundak generasi muda.

“Saat ini, generasi milenial adalah penentu kemajuan pembanguan pertanian di masa depan.  Meyakini tongkat estafet pembangunan pertanian, ada pada pundak generasi muda.” ucap Mentan, SYL

Lanjut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menerangkan,  sudah saatnya pertanian dikelola generasi milenial.

Menggunakan kreativitas dan inovasinya.  Sehingga pertanian ke depan menjadi modern.  Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya , tetapi juga berorientasi ekspor, paparnya.

Workshop BMP di buka oleh Kepala BBPP Binuang, Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si.

“Workshop ini merupakan motivasi bisnis dan jejaring usaha bertujuan untuk menyiapkan pengusaha muda di bidang pertanian,” Terang Yulia

Penulis: Susmawati, SP, MP.
Publish: M. I. Karuniawan, S.Kom