KOLABORASI KEMENTAN DAN KEMENHUMHAM RI MENUJU DAULAT PANGAN NASIONAL

Wamentan RI Harvick Hasnul Qolbi saat selesai penanaman jagung perdana di Lapas Kelas III A Sukamara, Rabu (20/07/2022).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhumham RI) Kalimantan Tengah Dr.Hendra Ekaputra menegaskan, acara kegiatan penanaman jagung wilayah khusus di Lapas Kelas III –A Sukamara, merupakan dukungan riil dalam mensukseskan kedaulatan pangan nasional.

“Pengembangan penanaman jagung unggul secara khusus berlokasi di Lapas Kelas III-A Sukamara karena ini bentuk tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Kemenkumham dan Kementerian Pertanian RI,” kata Hendra saat penyambutan kunker Wamentan RI dan Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Transformasi Digital di Sukamara, 20 Juli 2022,.

“Nota kesepahaman itu tertuang dalam Nomor M.HH-05.HM.05.05 Tahun 2019 dan Nomor 06/MOU/HK.220/M/7/2019 Tanggal 03 Juli 2019 Tentang Sinergitas Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,” jelasnya.

Optimalisai lahan dan meningkatkan kecakapan hidup untuk para warga binaan, diharapkan menjadi row model bagi LAPAS di wilayah kerja Kanwil Kemenhumham RI di Kalteng merupakan kerja bareng  Kementan RI melalui BBPP Binuang sebagai UPT BPPSDMP dengan Yayasan WAIBI,Jakarta.

Kemudian, sebagai upaya mendukung pemantapan  program ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan nasional diawali melalui kegiatan pengembangan jagung wilayah khusus dari Kementerian Pertanian RI, serta sebagai wadah dan tempat pendidikan dan pelatihan program pembinaan kemandirian bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), khusus Lapas Kelas III –A ,Sukamara.

“Kegiatan penanaman jagung perdana  sebagai slaah satu komoditas unggulan juga merupakan bentuk dukungan terhadap upaya pengembangan usaha agribisnis dimulai kemandirian saprodi pupuk organic, kebun bibit mandiri, Budidaya secara ramah lingkungan berbasis pertanian regeneratif ekonomi sirkuler, dengan dukungan hilirisasi pengembangan industrialisasi pertanian dan agrowisata khususnya di Kabupaten Sukamara,” kata Dr. Hendra, kakanwil Kemenhumham RI di Kalteng.

Beliau menjelaskan, kegiatan penanaman jagung tersebut juga merupakan bentuk keseriusan dalam menyediakan tempat dan wadah pembinaan bagi WBP dan bentuk partisipasi dalam mensukseskan program dan kebijakan pemerintah, program ketahanan pangan yang berdaulat dan pengembangan pertanian ramah lingkungan berbasis agribisnis.

Wamentan RI Harvick Hasnul Qolbi saat menyerahkan bantuan kepada Kakanwil Kalteng Hendra Ekaputra pada penanaman jagung perdana di Lapas Kelas III A Sukamara, Rabu (20/07/2022). Budiono/Agus