Atasi Krisis Petani, Kementan Laksanakan Workshop Bussines Mitivation Pathway

Untuk mengatasi krisis jumlah petani, Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan penumbuhan jumlah petani milenial dalam regenerasi petani melalui Workshop Bussines Mitivation Pathway (BMP).

Untuk melaksanakan workshop tersebut, Menteri Pertanian RI mempercayakan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian RI untuk menjalankan roda penumbuhan petani milenial.

Kepala BPPSDMP Kementrian Pertanian, Dedi Nursyamsi dalam satu kesempatan mengatakan, sekarang sudah saatnya pertanian dikelola generasi muda

“Menggunakan kreativitas dan inovasi dan teknologi yang modern, sehingga pertanian ke depan yang dikelola oleh generasi muda bukan hanya berproduksi untuk keperluan dalam negeri, tetapi juga berorientasi ekspor,” jelas Dedi.

BBPP Binuang merupakan salah satu tempat yang ditunjuk Kepala BPPSDMP untuk menyiapkan kader petani milenial melalui pelatihan, pembinaan dan pendampingan kepada petani di wilayah Kalimantan.

BBPP Binuang ditargetkan untuk meningkatkan kapasitas agribisnis bagi generasi muda melalui kegiatan Workshop Bussines Motivation Pathwal (BMP) untuk wilayah Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 420 orang.

Kepala BBPP Binuang Yulia Asni Kurniawati menjelaskan, setelah membuka kegiatan peningkatan kapasitas pemuda melalui Workshop BMP,  pihaknya akan melaksanakan 7 angkatan yang diikuti 60 generasi muda setiap angkatan.

“Saat ini kami sudah melaksanakan 3 angkatan (25, 26 dan 27 Juli 2022) dengan total generasi muda yang mengikuti sebanyak 180 orang dari Kecamatan Cinta Puri Darusalam, Pengaron, Simpang Empat, Astambul, Sambung Makmur, Sungai Pinang, Aranio, Telaga Bauntung dan Martapura Barat,” jelas Yulia

“Materi khusus untuk membangun jiwa kewirausaan agribisnis kami jadwalkan materi kisah sukses pengusaha pertanian duta petani milenial. Selain itu, kami hadirkan Duta Petani Milenial yang juga peserta kontes Young Ambassador tahun 2022 Maulana Akbar dan Miseran Ketua Forum Komunikasi Petani Milenial Kabupaten Tapin,” timpal yulia.

Kegiatan ini dilaksanakan dari dukungan penbiayaan dari kerjasama Program Youth Enterpreneur and Employment Support Service (YESS) SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Terpisah, Menteri Pertanian Dijelaskan Mentan Syahrul Yasin Limpo menegaskan, saat ini generasi muda adalah penentu pembangunan pertanian di masa depan.(agus/koranbanjar.net)