Tingkatkan Kompetensi, BBPP Binuang Latih Penyuluh dan Admin Kostratani

NIAT mulia untuk menyukseskan program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), diaplikasikan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang menggelar pelatihan. 

Pelatihan yang ditujukan kepada Penyuluh dan Admin Kostratani ini mengambil tema “Pelatihan IT Bagi Penyuluh Pertanian”.

Peserta pelatihan berjumlah 30 orang, berasal dari Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah. Pelatihan IT bagi Penyuluh Pertanian ini diselenggarakan mulai 27 hingga 29 Mei 2021

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si menyampaikan, pelatihan IT bagi Penyuluh Pertanian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Penyuluh dan Admin Kostratani, khususnya di wilayah Kobar. 

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kobar, Ir Kris Budi Hastuti dalam kesempatannya saat membuka pelatihan menyampaikan, saat ini teknologi informasi merupakan hal yang mutlak. Karena itu, sebagai aparatur sipil negara harus mampu menguasainya. 

“Mau tidak mau, suka tidak suka, penyuluh pertanian harus mampu menguasai teknologi informasi,” lanjutnya.

“Terima kasih kepada BPPSDMP Kementerian Pertanian melalui BBPP Binuang yang telah menyelenggarakan pelatihan ini bagi penyuluh Kotawaringin Barat,” tuturnya. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerangkan, peningkatan kapasitas SDM bisa dilakukan melalui Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani). 

Menurutnya, peran Kostratani sangat dibutuhkan, khususnya untuk membantu petani meningkatkan produktivitas.

“Produktivitas itu bisa dicapai jika ada yang menggerakkan. Dan yang menggerakkan itu tentunya penyuluh dan petani dengan didukung Kostratani,” jelas Mentan SYL.