Supervisi dan Monitoring, Kepala BBPP Binuang Kunjungi Dusun Selatan

BUNTOK, – Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si berkesempatan hadir dan memberikan wejangan kepada petani di Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Saat mengisi materi kebijakan dan implementasi Kostratani, Yulia menyampaikan, Kostratani adalah pusat pembangunan pertanian tingkat kecamatan, dan optimalisasi pertanian dengan penggunaan Teknologi Informasi (IT).

“Kemampuan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) menggunakan IT akan ditingkatkan. Akan ada petugas BPP yang dilatih kompetensi tentang IT dan internet oleh BBPP Binuang,” tuturnya.

Menurutnya, peran BPP sebagai pusat data dan informasi. Sedang Sekertariat BPP menyediakan data luas lahan, luas tanam, dan luas panen.

“BPP juga sebagai pusat gerakan pembangunan pertanian, dengan tujuan menyediakan pangan bagi 267 penduduk Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan petani, dan meningkatkan hasil ekspor Pertanian dalam negeri,” paparnya.

Peran BPP dalam program Kostratani juga akan menjadi pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat pengembangan jejaring kemitraan.[advertorial]