SEGARNYA MINT, MENCEGAH CORONA VIRUS

Wabah corona sampai saat ini belum benar-benar menghilang dari sekitar kita. Obat maupun antivirus belum tersedia karena sampai saat ini masih dalam tahap penelitian. Sehingga usaha pencegahan harus selalu kita lakukan untuk menghindari hinggapnya corona di tubuh kita. Menggunakan masker di manapun dan kapanpun, sesering mungkin mencuci tangan, dan selalu jaga jarak serta menghindari sentuhan fisik. Termasuk yang tidak kalah pentingnya adalah selalu menjaga tenggorokan kita agar tetap lembab dan tidak kering. Meskipun tenggorokan yang kering bukan berarti indikasi adanya virus corona, tetapi ada kemungkinan bisa terjadi sesuatu yang kurang baik jika tenggorokan kering gatal. Beberapa minuman herbal telah diperkenalkan untuk selalu menjaga kondisi tenggorokan agar segar diantaranya dari tanaman rimpang, empon-empon serta buah dan tanaman yang mengandung vitamin C. Nah, tanaman mint juga merupakan salah satu tanaman yang mempunyai khasiat untuk melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat.

Tentu daun mint sudah tidak asing lagi bagi khalayak karena penggunaannya sudah sangat umum untuk tambahan makanan seperti salad, minuman, permen dan pasta gigi. Daun mint merupakan jenis daun yang berasal dari tanaman herbal genus mentha (mint) dengan belasan spesies. Spesies mint yang cukup banyak di Indonesia adalah peppermint / Mentha piperita / Balsamea wild. Peppermint merupakan mint hibrida yang merupakan persilangan antara watermint dan spearmint. Peppermint merupakan tanaman yang tumbuh tanpa dibatasi waktu dan tempat karena tanaman ini berkembang biak dengan rhizoma (akar), sehingga selama masih ada akar yang mampu menyerap hara, tanaman ini akan hidup. Peppermint memiliki tangkai halus, batangnya agak tebal berwarna ungu kemerahan, akar berserat dan daun hijau tua. Bunga tanaman mint berwarna ungu yang keluar dari pertengahan sampai akhir musim panas. 

Daun Mint

Daun mint memiliki rasa pedas yang khas dan aroma yang menyegarkan. Daun ini mengandung antioksidan kuat dan banyak nutrisi. Selain itu, daun mint juga mengandung kalium, magnesium, vitamin Cvitamin A, kalsium, fosfor, dan zat besi. Peppermint digunakan untuk menyembuhkan gejala seperti mual, sakit perut, gangguan pencernaan dan kembung. Aroma peppermint juga dapat meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan sehingga menjadi salah satu bahan untuk aromaterapi. Nah berikut beberapa manfaat daun mint

  1. Mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh

Daun mint mengandung beberapa vitamin dan mineral penting seperti yang telah disebutkan di atas. Zat besi pada daun mint yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah. Selain itu, daun mint mengandung banyak vitamin A yang sangat baik sehingga penting untuk kesehatan mata dan penglihatan di malam hari.

  • Mengandung antioksidan kuat untuk melindungi tubuh

Daun mint memiliki antioksidan yang kuat yang dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, yang merupakan kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Selain itu, daun mint juga mengandung antioksidan alkohol perillyl yang dianggap mampu menghentikan pembentukan atau penyebaran kanker. Selain itu, daun ini juga mengandung antioksidan lain yaitu asam rosmarinic, yang mampu membantu mencegah dan mengobati alergi.

  • Menghilangkan bau mulut

Mengunyah daun mint segar atau menambahkan daun mint segar pada minuman dan makanan bisa menghilangkan bau mulut dan membunuh bakteri yang menjadi penyebabnya. Hal ini karena daun mint memiliki efek antibakteri yang terkandung di dalamnya. Sedangkan, penggunaan mint pada permen, pasta gigi dan lainnya hanya menutupi bau mulut untuk beberapa jam saja dan tidak mengurangi bakteri yang ada.

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

Daun mint dapat bertindak sebagai karminatif yang bisa membantu mengurangi perut bergas dan gejala-gejala gangguan saluran pencernaan lain. Sehingga mengonsumsi daun mint segar dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

  • Meningkatkan fungsi otak

Menghirup aroma minyak esensial dari daun mint dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak. Selain itu, daun ini juga dianggap bisa meningkatkan kewaspadaan, menurunkan tingkat frustrasi, kecemasan, dan kelelahan.

  • Mengurangi nyeri puting karena menyusui

Mengoleskan air daun mint atau gel pada puting ibu yang nyeri ketika menyusui dapat membantu menghilangkan rasa nyeri puting karena menyusui.

  • Pilek

Daun mint mengandung mentol (dekongestan aromatik alami) yang membantu memecah dahak dan lendir sehingga membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Selain itu, mentol juga memiliki efek mendinginkan yang bisa meredakan sakit tenggorokan

Nah khasiat yang terakhir ini menjadi penting pada waktu akhir-akhir ini, karena bagaimana pun juga Coronavirus menyerang sistem pernapasan mulai dari THT sampai paru-paru. Antisipasi untuk menangani virus corona mulai dari fungsi pernapasan terluar yaitu THT agar tetap fit, tidak terinfeksi dan tidak sakit. Maka pembaca perlu memulai untuk mengkonsumsi daun mint sebagai tambahan makanan. Misalnya untuk salad, puding, dan tambahan makanan lain. Juga untuk minuman, misalnya infus water, dan dan tambahan pada teh panas.  Selamat mencoba dan merasakan khasiatnya. [Kahfi]