Perbanyakan Nitrobacter sp. Dengan Mudah dan Sederhana

Oleh:

Intan Kurnianingrum, S.P., M.T.P

Widyaiswara Ahli Pertama – Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

Nitrogen merupakan salah satu unsur makro yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan. Nitrogen tersedia sangat besar di udara bebas, akan tetapi ketersediannya dalam tanah sangatlah sedikit. Tanaman membutuhkan nitrogen yang sangatlah banyak. Untuk mengikat nitrogen bebas ini tanaman memerlukan bantuan dari agen yang lain. Salah satu agen tersebut adalah agen hayati yaitu bakteri Nitrobacter.

Bakteri ini berperan penting dalam mengikat nitrogen bebas dari udara untuk difiksasi menjadi nitrit lalu diubah menjadi nitrat sehingga tanaman dapat menyerap unsur nitrogen. Nitrobacter termasuk ke dalam bakteri yang membutuhkan oksigen (aerob), dengan ciri-ciri berbentuk batang, seperti pleomorfhic atau pir dan berkembag biak dengan tunas. (Grundman et al. 2000). Karakteristik nitrobacter yaitu merekan memerlukan oksigen dan makanan sebagai kebutuhan hidup serta membangun koloni pada media yang memiliki permukaan keras dan bersih. Nitrobacter termasuk lama dalam replikasi, berbeda dengan bakteri lain yang mereplikasi dengan cepat. Pada air tawar, nitrobacter membutuhkan waktu 8 jam untuk bereplika, sedangkan pada air laut nitrobacter membutuhkan waktu sekitar 24 jam, dibandingkan bakteri nitrobacte yang ada pada air tawar (Grundman et al. 200, Holt, 1993). Nitrobakter tumbuh pada suhu 38°C dan memiliki pH optimum antara 7,3- 7,5.

Aplikasi Nitrobacter pada tanaman akan menghasilkan tanaman jauh lebih sehat, daun menjadi lebih hijau dan terhindar dari serangan layu fusarium, layu daun, daun kuning, dan daun keriting. Apabila diaplikasikan pada tanah, tanah menjadi lebih subur dan gembur.

Nitrobacter dapat dibuat sendiri dengan mudah dengan Langkah-langkah sebagai berikut:

Alat dan Bahan:

  1. 10 sendok makan tanah dibawah kendang ayam, kedalaman tanah yang diambil sekitar 5-10 cm. Syarat tanah yang baik untuk diambil yaitu tidak berbau, gembur, dan lembab. Selain menggunakan tanah kendang dapat pula menggunakan tanah di bawah pohon bamboo.
  2. 5 sendok makan gula
  3. 1 sendok makan urea
  4. 1 liter air
  5. Botol

Cara Pembuatan:

  1. Masukkan gula dan pupuk urea dalam botol berisi air 1 liter kocok hingga benar-benar larut,
  2. Masukkan tanah yang diambil dari bawah kendang/pohon bamboo ke dalam botol
  3. Tutup rapat dan balut botol menggunakan kain hitam atau gelap, karena bakteri Nitrobacter adalah bakteri yang peka terhadap cahaya, namun apabila sudah menggunakan botol gelap maka tidak perlu lagi di balut dengan bahan yang gelap.
  4. Diamkan selama kurang lebih 7-10 hari

Aplikasi :

  1. Aplikasi pada tanaman, Nitrobacter diencerkan dengan air dengan perbandingan 1 : 100 kemudian semprotkan pada daun.
  2. Aplikasi pada tanah, Nitrobacter diencerkan dengan air dengan perbandingan 1 : 50, kemudian dikocorkan atau disiramkan disekitar area perakaran