Koordinasi yang Baik Merupakan Kunci Sukses Program Food Estate

KUALA KAPUAS – Tak terasa pandemi Covid-19 sudah hampir satu tahun. Sementara kebutuhan akan pangan tetap harus terpenuhi.

Pangan merupakan hajat hidup orang banyak dan harus terpenuhi secara berkesinambungan. Karenanya untuk terus menjamin pangan tetap tersedia, pemerintah melaksanakan program Food Estate.

Program ini juga dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Ini diharapkan dapat menjadi lumbung pangan nasional.

Dalam mempercepat program Food Estate, khususnya progres pekerjaan tanam di Kecamatan Dadahup, Direktorat Alat dan Mesin Pertanian melaksanakan  Koordinasi evaluasi progres pekerjaan percepatan tanam di lokasi Food Estate Kecamatan Dadahup pada 23 hingga 24 Februari 2021.

Koordinasi yang dihadiri dari dinas/instansi terkait, antara lain Sekretaris Dirjen Prasarana dan sarana Pertanian, Dirjen Tanaman Pangan, Direktur Perbenihan, Ditjen PSP, BPTP Kalimantan Tengah, BPTP Kalimantan Selatan, M. Tani,  Pusat Pelatihan Pertanian, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Balitra dan lain-lain.

Pada bulan Maret 2021, diharapkan dapat melakukan penanaman sebanyak 800 hektare di Kecamatan Dadahup.

Dalam koordinasi di antaranya mengidentifikasi kesediaan benih padi yang akan ditanam, di antaranya hasil kesiapan benih dari BPTP Kalimantan Tengah sebanyak 1,25 ton, BPTP Kalimantan Selatan sebanyak 1 ton,  M. Tani 5 ton, Dirjen  Perbenihan 5 ton, dan Balitra 2,5 ton yang sudah siap di lokasi dan dalam perjalanan.

Hadir pada kegiatan koordinasi Pusat Pelatihan Pertanian, Ir. Bustanul Arifin Caya M.D.M. Dalam kegiatan Food Estate ini, Puslatan akan selalu mensupport Food Estate, termasuk di dalamnya percepatan tanam di kecamatan Dadahup.

Sedangkan Dr. Yulia Asni Kurniawati, M.Si dari BBPP Binuang pada kegiatan Food Estate, terutama kegiatan pekerjaan percepatan tanam akan selalu melakukan pendampingan dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Muhammad Arpani, S.Pt selaku Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Dadahup juga selalu siap mendukung Food Estate, termasuk di dalamnya melakukan percepatan tanam pada bulan Maret ini.