Jenis Empon-empon dan Khasiatnya untuk meningkatkan Imun Tubuh

Susmawati
Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang
Kementerian Pertanian

Pemerintah sudah melakukan beberapa upaya untuk memutus penularaan Covid-19. Salah satunya adalah dengan himbauan menjaga jarak fisik (physical distancing), kerja dari rumah, belajar di rumah hingga beribadah dari rumah. Selain upaya physical distancing, ada berbagai upaya lain yang dilakukan masyarakat salah satunya adalah dengan mengonsumsi empon-empon. Empon-empon sendiri merupakan ramuan yang terdiri dari berbagai bahan pilihan di antaranya kunyit, jahe, kencur, temulawak, serai, dan sebagainya. Namun, selain tanaman rimpang ada banyak tanaman lain yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, contohnya daun kelor, batang tanaman secang dan madu bermanfaat bagus sekali juga untuk imunitas

APA ITU EMPON-EMPON
Dikutip dari Temu-temuan dan Empon-empon, Budi Daya dan Manfaatnya (1999) karya Fauziyah Muhlisah, istilah empon-empoon berasal dari bahasa Jawa. Asal kata empon-empon dari empu yang berarti rimpang induk atau akar tinggal. Istilah ini digunakan untuk menyebut kelompok tanaman yang mempunyai rimpang atau akar tinggal. Penggolongan nama emponempon tidak dilakukan berdasarkan klasifikasi ilmiah tertentu. Melainkan lebih merujuk pada penggolongan tanaman tertentu yang dilakukan masyarakat Jawa.

Bahan-bahan untuk membuat empon-empon memang sudah terkenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sehingga tak heran bila di tengah pandemi seperti ini masyarakat memilih empon-empon sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Download PDF