BPPSDMP Kementan Serahkan Peningkatan Kapasitas Usaha kepada P4S D’Bawang

PUSAT Pelatihan Pertanian Swadaya Perdesaan yang disebut P4S adalah adalah kelembagaan pelatihan dengan metode permagangan pertanian dan perdesaaan yang didirikan, dimiliki dan dikelola oleh pelaku utama dan pelaku usaha secara swadaya baik perorangan maupun kelompok.
Keberadaan P4S ini diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pengembangan sumber daya manusia pertanian dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.

BPPSDMP selaku Pembina utama kelembagaan P4S, terus melakukan pembinaan terhadap keberlanjutan P4S tersebut.
Dalam kesempatan terpisah, Kepala BPPSDMP Kementan RI, Dedi Nursyamsi menyampaikan, pembinaan P4S sebagai wujud meningkatkan kapasitas P4S dalam menyelenggarakan dan/atau melaksanakan pelatihan/permagangan petani dan masyarakat perdesaan.
“Pembinaan dapat dilakukan melalui bimbingan pelatihan dari aspek kelembagaan, sarana prasarana, ketenagaan, penyelenggaraan pelatihan/permagangan, usaha dan jejaring kerja,” jelas Dedi.

BBPP Binuang selaku UPT BPPSDMP diberikan kesempatan untuk menyerahkan bantuan sarana prasarana usaha kepada P4S D’Bawang Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.
Sarpras yang diserahkan berupa mesin pengiris bawang 1 unit, Blender PKL 2L 1 unit, Kompor 2 mata 1 unit, Dispenser 1 unit, Gilingan mie 1 unit, Mixer 1 unit, Mesin vakum 1 unit, Mesin segel perekat 1 unit, Open listrik 28L 1 unit, Choper 1 unit, Mesin pembuat kopi 1 unit, Laptop Asus 1 unit, Printer 1 unit, Box plastic besar 3 unit dengan total nilai Rp30 juta.

Kepala BBPP Binuang, Yulia Asni Kurniawati saat penyerahan menyampaikan, penyerahan bantuan tersebut merupakan pembinaan yang berkelanjutan kepada P4S D’Bawang.
“Jangan melihat nilainya, ini merupakan acuan untuk memberikan semangat dan bentuk dukungan terhadap usaha hasil pengolahan bawang Dayak untuk meningkatkan produksi olahannya,” jelas Yulia.

Menurut Yulia, pertanian modern tidak hanya menjual hasil pertanian, tetapi bagaimana mengelola hasil pertanian tersebut menjadi bahan olahan dengan nilai jual tinggi di masyarakat.
“Sarpras usaha yang kami serahkan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi olahan yang saat ini sudah dilakukan oleh P4S D’Bawang,” timpal Yulia.

Zainudin,vKetua P4S D’Bawang menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan dukungan usaha terhadap P4S D’Bawang.
“Dengan adanya alat ini, kami akan membina petani Desa Mentaya Seberang untuk menanam bawang Dayak dan hasil panen nya akan kami siapkan sebagai bahan baku produksi yang kami kelola,” jelas Zainudin.
Penyerahan sarlat ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur, Kepala Desa Menataya Seberang, Kelompok tani binaan P4S sekitas juga Kelompok wanita tani Desa mentaya seberang Kecamatan Seranau Kabupaten Kota Waringin Timur.[sumantri/adv]