BBPP Binuang Tingkatkan Kompetensi Petani Kakao Bartim

TAMIANG LAYANG, – Mendukung pengembangan komoditas strategis pertanian di Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kalimantan Tengah tentu sudah menjadi tugas Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang.

Karena itu, BBPP Binuang sebagai Unit Pelaksana Teknis di bawah lingkup BPPSDMP Kementerian Pertanian menggelar pelatihan tematik. Satu di antaranya diwujudkan dengan Pelatihan Tematik Kakao Angkatan I.

Pelatihan ini dipusatkan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur. Edukasi ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai 13 hingga 15 Maret 2020.

Tak kurang dari 30 orang yang berasal dari Kecamatan Paku ambil bagian dalam pelatihan yang dibuka langsung Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si ini.

Di momen pembukaan, Yulia mengungkapkan, pelatihan ini lebih mengedepankan praktik dengan proporsi antara teori dan praktik, tepatnya 30 persen teori dan 70 persen praktik di Kebun Kakao yang rencananya dilaksanakan di Desa Pangkan.

“Harapan tujuan dari pelatihan ini, tak lain untuk meningkatkan kompetensi petani dalam teknis budidaya tanaman Kakao dapat tercapai,” jelas Yulia.

Sementara itu, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur berharap pelatihan tematik Kakao ini dapat meningkatkan pemahaman petani dalam teknis budidaya Kakao.

Sehingga, lanjutnya, ke depan semakin menumbuhkan minat para petani milenial untuk memilih tanaman Kakao sebagai pilihan komoditas yang diusahakan.

Untuk fasilitator dan pelatih pada pelatihan ini berasal dari Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, BRI Cabang Barito Timur, serta Widyaiswara BBPP Binuang, Ir Sukadi MP.[advertorial]